illustratorfreak

Just another WordPress.com site

New Layer, Lock dan Visibility

Membuat New Layer.

apa itu Layer ? secara mudahnya, layer dapat di artikan sebagai lembar kerja kita (bisa di bilang sebuah kertas untuk kita menggambar). kita akan mengerjakan semua pekerjaan kita di atas layer.

pada gambar di atas, kita akan mempunyai 1 buah Layer kosong saat pertama kali kita membuka sebuah dokumen baru. di layer tersebut lah semua objek yang kita buat akan muncul. tidak hanya dengan sebuah layer. kita juga bisa membuat objek dengan beberapa layer (lebih dari 1). caranya. – kita buat new layer dengan cara Meng-klik icon New layer pada Layer box di samping kanan bawah. – setelah kita klik icon tersebut, maka Layer baru akan muncul di atas Layer yang sebelumnya.

Objek Per Layer

Apa gunaannya kita membuat objek pada banyak layer ? ingat, layer adalah lembar kerja kita. saat kita membuat sebuah objek, objek itu akan menempel pada layer. di saat kita membuat objek, contohnya manusia. - jika kita hanya mengerjakaannya pada 1 layer. maka yg terjadi adalah, semua bagian objek pada manusia menempel pada 1 buah layer. saat kita ingin meng-edit bagian2 tertentu (ex. rambut). hal ini akan sulit, karna kita harus menseleksi 1 per 1 bagian2 tersebut. - jika kita kerjakan dalam beberapa layer. contohnya saya akan membagi dalam beberapa bagian yaitu, rambut, muka, badan, background.. masing2 mempunyai layer sendiri.. maka, jika kita ingin meng-edit rambutnya saja, kita tinggal mengklik layer rambut. sehingga yang terseleksi hanya bagian rambut saja.. sama juga dengan objek lainnya, jika kita ingin mengubah background, muka, badan. kita tinggal mengklik masing2 layer yg ingin kita edit. contoh, saya ingin meng-edit badan. maka saya tinggal klik layer badan. maka yg terseleksi hanya badannya saja dan bagian yang lain tidak ikut terseleksi. - Perlu di ingat, susunan layer juga berpengaruh pada desain yang kita buat. layer yg teratas akan menempatkan objek paling atas juga. lalu seterusnya. saya akan membuat 3 buah kotak yg berbeda warna, merah, biru, hijau. kita membuat objek per layer, berarti kita mempunyai 3 layer untuk masing2 objek. jika saya menempatkan layer dengan susunan paling atas Merah, biru dan hijau. maka hasilnya akan seperti ini. kotak merah akan berada di atas, biru, lalu hijau. sesuai susunan layer. saya beri contoh 1 lagi dengan susnan layer : hijau, merah, biru maka hasilnya..

Lock.

apa fungsi Lock ? yaitu untuk mengunci Layer sehingga layer yang sudah terkunci / Lock tidak bisa kita sentuh / ubah. cara untuk men-Lock layer.. – Klik Toggle Lock, yang terdapat di layer box. Saat kita membuat objek per layer. maka seperti yang saya jelaskan di atas. masing2 objek akan memiliki layernya sendiri2, dan itu semua dalam keadaan bebas / bisa kita seleksi semua (jika kita men-drag maka semua layer akan terpilih). oleh karna itu di sediakan LOCK. sekarang kita bandingkan jika kita menggunakan lock pada layer.. saya akan menggunakan lock pada bagian background saja.. sehingga yang lainnya tidak ter-Lock. maka hasilnya..

Visibility.

apa itu Visibility ? Visibility dapat di artikan secara mudah, yaitu.. Penampakan sebuah Layer.. jadi, dengan Toggle Visibility, kita bisa mengatur sebuah layer, ingin kita Tampilkan atau bisa kita Hilangkan.. (perlu di ketahui bahwa, Menghilangkan tidak sama dengan Menghapus.. jika kita menghilangkan layer, kita masih bisa memunculkannya lagi. namun jika kita menghapus, berarti layer yang kita buat sudah terhapus dan tidak bisa di munculkan lagi (kecuali dengan Undo) ). bagaimana cara mengaktifkan / non aktifkan visibility pada layer ? untuk pertama kali kita menciptakan layer, pasti visibility akan dalam posisi aktif, sehingga objek pada layer dapat terlihat.. namun jika kita ingin menghilangkan layer tersebut untuk sementara. kita tinggal mengklik Toggle visibility di layer box, sampai icon mata di samping Lock, kosong / menghilang. jika ingin memunculkannya lagi, hanya tinggal mengkliknya kembali sampai icon mata muncul kembali. dengan adanya lock dan visibility.. maka kita bisa lebih mudah untuk menseleksi dan lebih fokus untuk mengerjakan sebuah objek..

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: